Kalender

Calendar Widget by CalendarLabs

UMK Bontang 2020, Buruh Sebut Karyawan Sudah Rumah Tangga

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG – Penetapan Upah Minimum Kota ( UMK ) Bontang tahun 2020 masih dianggap jauh dari kebutuhan bagi pekerja yang telah berkeluarga.

Salah satu Serikat Buruh DPC Federasi Pertambangan Energi dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (FPEK-SBSI), Benyamin mengatakan penetapan UMK sebesae Rp 3,2 juta berlaku untuk pekerja baru dan berstatus lajang.

Pekerja baru yang dimaksud, yakni mereka yang baru bekerja belum genap satu tahun dan belum berkeluarga.

Sementara upah ideal bagi pekerja yang telah berkeluarga di Bontang seharusnya Rp 7 juta per bulan. “Kalau sudah berkeluarga di Bontang harusnya UMK minimal yah Rp 7 juta,” ujarnya kepada tribun, Jumat (1/11/2019).

Benyamin menjelaskan, di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78/2015 Tentang Pengupahan menyebutkan pengupahan disesuaikan UMK hanya berlaku bagi pekerja baru dan lajang (belum berkeluarga).

Sementara bagi pekerja yang lebih dari setahun dan telah berkeluarga wajib mengikuti struktur skala pengupahan.

Artinya, upah yang diterima pekerja di atas UMK karena dihitung dengan sejumlah kriteria semisal, kompetensi, lama bekerja, dan tunjangan jabatan dan lainnya. “Tapi banyak perusahaan belum berlakukan soal itu,” ujar Benyamin.

Ia menambahkan, kebutuhan hidup layak di Bontang cukup tinggi. Namun, sejumlah perusahaan hanya mengupah sesuai UMK.

Aturan ini perlu disosialisasikan kepada seluruh pengusaha dan perusahaan agar menjadi pedoman hukum dalam pengupahan pekerja mereka.

Di samping itu, pemerintah dalam pengawasan bisa menegur praktik seperti lalai aturan ini. Pengawasan bisa dilakukan pemerintah bekerja sama dengan sejumlah serikat pekerja.

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul UMK Bontang 2020, Buruh Sebut Karyawan Sudah Rumah Tangga Harusnya Rp 7 Juta per Bulan, https://kaltim.tribunnews.com/2019/11/01/umk-bontang-2020-buruh-sebut-karyawan-sudah-rumah-tangga-harusnya-rp-7-juta-per-bulan.
Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Budi Susilo

Kontak
Jln.Bhotoh No.15 Gandul Cinere-Depok, Jawa Barat
081280803456
Pengunjung